Dari banyak puisi di dunia ini, salah satu puisi yang bisa membuat gue kejang-kejang adalah puisi Sutardji Caldzum yang berjudul TRAGEDI WINKA DAN SIHKHA. Gue diperkenalkan dengan puisi itu oleh guru gue pas kelas 1 SMP. Dan percayalah ternyata mengenal puisi yang simple tapi berat kayak begitu telah banyak memberikan gue inspirasi.

Gue gak bakalan lupa ketika untuk pertama kalinya membuat sebuah puisi. Waktu itu gue kelas 3 SMP dan sudah mempunyai kebiasaan mengantuk ketika mendengarkan sesuatu yang membosankan. Saat itu kan lagi pelajaran bahasa Indo dengan bahasan utamanya adalah cara membuat puisi dengan baik dan benar. Sumpah gue ngantuk banget, dan akhirnya nguappss segede mulut kuda nil lagi ngidam ember. ... Dasar lagi sial, gue ketahuan sama Pa Guru.


Guru : (sambil nunjuk-nunjuk gue) " Mendingan buat puisi dalam 10 menit atau nilai kamu bapak potong 4 !!!??? "
Gue : " eee, mmm, euu ... puisi aja deh pa "

Gue terpaksa gituh. Nilai indo gue selalu pas-pas-san. Nilai 7 kalau dikurangi 4 ya jadi 3. Wah bisa-bisa gue di gantung sama si mamih kalau dia tau gue dapat nilai BATMANN !!. Gue tertunduk lesu, buat puisi sekenanya, dan berdoa semoga pa guru jatuh pingsan dan tugas ini batallll. ...

Guru : "sudah selesai? silahkan baca di depan kelas"
Temen2 satu kelas : "(teriak-teriak, aplause, swit-switan, seneng kali ya ngeliat gue sengsara)
Gue : (maju kedepan kelas, terus baca puisi buatan gue sekeras-kerasnya)

KISAH SIDANG MPR

Basa Bisa Basi
Basa Bisa Busa
Basa Bisa Basa
Basa Bisa Busi

Basa Basa Basa
Bisa Basa Basi
Basa Basa Bisa
Bukan Basa Basi

Gue : (ngelirik guru) " sudah pa, hehehe "
Guru : (ngangguk-ngangguk, mungkin sambil berpikir : "Bener2 sudah gila anak ini")
Temen-temen Gue : (yang tadinya rame, jadi pada diem. Sebagian saling melirik sambil mengerlingkan alis, sebagian lagi terpana dengan muka gue yang mempesonakan sendal jepit, sebagian lagi melongo dengan mulut berbusa-busa, Rasain !!! hehehe)

Apakah puisi pertama gue membuat kamu merasa tergoda untuk menjamah gue dengan pentungan ? atau kamu menemukan sesuatu di puisi itu ? ... :D

Yang pasti tetap dukung gue buat acara Black Compettion - Djarum Black. Eh gue baru dapat info lagi buat acara Djarum Black Motodify, yaitu sebuah acara yang ditunggangi Djarum Black untuk para motoholic yang punya insting gila-gilaan buat ngemodif motor. Hayooo, yang mau ikutan acara ini, infonya bisa diklik di sini.

Tidur dulu ahhhhh !!! be right back ...

Comments (35)

On February 28, 2009 at 2:06 AM , suryaden said...

hebat...
sangar sekali puisinya

tambahin aja
basa basi babi
babi babi basi

wakakka...

 
On February 28, 2009 at 2:39 AM , hryh77 said...

wkwkwk.. boleh juga tuh puisinya he..he..
btw tu bikinnya maen2 or serius tuh.. keren juga buat nyindir gurunya he..he..

 
On February 28, 2009 at 2:48 AM , J O N K said...

@ suryaden : yah kok sangar :((.
heuheuheu kalau ditambahin itu terlalu frontal mas, nanti bisa-bisa gue di jewer sama pa Guru

@ hryh77 : gak tau hehe ...

 
On February 28, 2009 at 2:53 AM , ipanks said...

ditunggu reviewnya?ada bayarannya ga nih jonk?kalo ga ada daku ogah ngasih review :P bwakakakkaka

becanda dink :D.daku kan baik hati jonk.

duduk diam duit
dengar mengangguk amplop
liburan jalan-jalan makan

hehehe...kok ga nyambung yap jonk :D :P

 
On February 28, 2009 at 8:25 AM , ADVINTRO said...

itu beneran ya jonk? hehe jadi ingat waktu sedikit nakal di SMU dulu. . . kenangan kenangan kenangaaaan

 
On February 28, 2009 at 8:50 AM , vie_three said...

bwakakakakakak kalu aq jadi gurunya, aq akn bangga pnya murid sprti dikau..... kan capa tau bsk2 klu udah gede bs jadi dokter......

Loh apa hubungannya yak????? hehehehehehehehe

 
On February 28, 2009 at 9:12 AM , Cebong Ipiet said...

kalo aku jadi gurunya tak suruh makan busa basi

 
On February 28, 2009 at 9:29 AM , yUri jUnsU said...

wUih...hBt bGd...prLu,kDu,wJb d'tnGktkN....pUitiS mRn...

 
On February 28, 2009 at 9:31 AM , Senoaji said...

nambahin juga
bisa bisa banci
banci bisa bisa

nyipnyipnyipnyipnyipnyip! PLIS DONG CROOTTT!!! xixixixixixixi

 
On February 28, 2009 at 9:40 AM , Edo dot Com said...

wuih..manteb bro..
semangat...hehehe

 
On February 28, 2009 at 11:05 AM , anna fardiana said...

selamat...
puisinya to the point bgt..

 
On February 28, 2009 at 11:27 AM , Dhe said...

wa juga ngantuk..
dan berharap bisa tertidur segera
dan setelah nanti terjaga,
daku daku akan membaca lanjutannya di chapter 2.

^^
mank dirimu berpesonakan sendal jepit yah??
*kabur sebelum dilempari bantal bernodakan iler*
:P

 
On February 28, 2009 at 12:41 PM , aia said...

waahhhh puisi yang baguss sekali jonkk!! *menangis terharu*

 
On February 28, 2009 at 1:12 PM , attayaya said...

bisa bisa bisa
mau mau mau
bisa bisa basah neh

 
On February 28, 2009 at 2:01 PM , Kharianto said...

Puisi yang aneh,, tapi bagus untuk maki2 orang tuh,,, wkwkwkwkwk

 
On February 28, 2009 at 2:02 PM , RCO said...

kutambahin, ya?

mulut-mulut
berbusa-busa
berbisa-bisa

 
On February 28, 2009 at 2:04 PM , RCO said...

Aku juga Sutardji.

 
On February 28, 2009 at 2:06 PM , RCO said...

Eh, maksudnya, aku suka puisinya Sutardji

 
On February 28, 2009 at 2:32 PM , IjoPunkJutee said...

Kalimat terakhir mirip "IKLAN" he..he..

ntuk ATTAYA : mau yang 3 kali..??
aTTaya....memang GSM (baca : blogger) yang baik.

 
On February 28, 2009 at 2:34 PM , IjoPunkJutee said...
This comment has been removed by the author.
 
On February 28, 2009 at 3:36 PM , Elsa said...

puisi puisi Sutardji semuanya emang dahsyat abis...
aku pun penggemar beliau. secara, pas kuliah yang di bahas sutardji melulu... hehehe

 
On February 28, 2009 at 5:24 PM , renspandy said...

ooo..
itu puisi kontemporer yah..?
nice-nice...
maren diajarin ama bu guru juga..
bener-bener dah..
genre puisi ini aneh..
tapi gak ngebosenin..
soalnya kita bakalan muter-muter otak buat tau maknanya..
kelas saya juga yg tadinya ribut bin sukangobrol pas dibacain puisi model gini, jadi pendiem banget. padahal kalo dikasi soal math yg tingkat kesulitannya sama, mana bisa kayak gini..
(eh.. komen saya panjang banget..)
haha..

hidup puisi kontemporer!!!

 
On February 28, 2009 at 6:29 PM , KABASARAN said...

Good Jonk :
ntuk bisa faham kita harus ..baca baca baca baca berkali-kali --- baca kabaca baca baca berkali-kali

sekali lagi hidup puisi

 
On February 28, 2009 at 8:13 PM , BlaGaBloGer said...

masih penasaran,,,, tuh guru sebenernya mikirin apa yah????

wkwkkwkwkw....

jonk,,, ternyata gak waras dr dulu yah.....
ckckckkckckckc....

 
On February 28, 2009 at 8:18 PM , piNkkkkkkk said...

eh tp kn emg ad puisi kek gt kn :P
apa ya nmnya puisi yg aneh2 bgtu :P

bagus kok :D

 
On February 28, 2009 at 8:41 PM , Arif Riyadi said...

mantap puisinya...

benar-benar menyentuh hati para perokok di indonesia.

bener
bukan basa basi...

hai lihat keatas
ada huruf A melayang tuh di udara

 
On February 28, 2009 at 8:44 PM , Arif Riyadi said...

jonk, udah di coba sesuai dengan petunjukmu
sampai berkali-kali kubaca dan praktekkan

tapi komentarnya tetap ga bisa muncul ya?
AADB (ada apa dengan blog)ku?

 
On February 28, 2009 at 10:50 PM , Itik Bali super cihuyy said...

Jonk yang super bau

Puisi pertamamu sungguh Puitis..
mengharukan..
aku menangis membacanya
satu aja pertanyaanku??

Bocah macem apa ya yang bisa buat puisi itu?
he..he

Dariku
Itik Yang super kece

 
On February 28, 2009 at 11:18 PM , J O N K said...

@ Ipank : sesuai dengan tema puisinya hehe, gak nyambung.
@ Adviro : True story pastinya :D
@ Vie Tree : yang ada bukan nya di puji malah di lempar pake bakiak xixixixi
@ Cebong Ipiet : yahhhhh :(( *guprak*
@ Yuri : ????
@ Senoaji : Nyop,nyop,nyop. Plis donk ah :D
@ Edo : Semangaaatttt !!!
@ Anna : makasih mba, jarang ada yang muji (jadi terharu nih)
@ Dhe : Ditunggu chapter 2 nya :)
@ Aia : yah kok nangis , gue jadi ikutan nangis :((
@ Attayaya : boleh,boleh :D
@ Kharianto : hehe, bro benar sekali ...
@ RCO : suka juga ya ? seff lah ..
@ Ijo : hehe mirip iklah rokok ya?
@ Elsa : wah kenyang sama Puisi-puisi beliau donk
@ Respadny : hidup kontemporer
@ Kebasaran : Hidup puisi !!! :)
@ Itik yang Jelek : hehe, yang ngebuat puisi itu anak yang cakep pastinya
@ Arif : wah huruf A yang mana mas ?

@ BlagaBloger : baru tau ya ?? :D

 
On February 28, 2009 at 11:42 PM , www.katobengke.com said...

puisi kamu kayaknya termakan oleh rokok S deh...
jangan2 kamu perokok yah
heheheheh.....

 
On March 1, 2009 at 12:20 AM , Mbah Koeng said...

nambahin ya ?!
bisa bisa banci bo..!!

 
On March 1, 2009 at 12:50 AM , J O N K said...

@ www.katobengke.com : sebenarnya sih terilhama sama karya Sutardji Caldzum. :D
@ mbah Koeng : *gubrak* .... hehe boleh juga .

 
On March 2, 2009 at 1:09 AM , ♥ sOFIa ♥ said...

puisi lo bagus skaliiii :P
hahaha :D

slamat yah
klo lo masuk lomba puisi
pasti bakal dapet juara lho!
hehe :P

 
On March 2, 2009 at 11:11 AM , Sang Cerpenis bercerita said...

tuh bisa bikin puisi. ha ha ha...Jonk...Jonk..kamu tuh lucu banget ya.
saya ngebayangin kamu nguap lebar segede mulut kuda nil ngidam ember. kenapa gak ngidam kulkas aja? ha ha ha.....

bukan basa basi kalo kubilang postinganmu ini lucu dan gokillll.

btw, ada award dan peer ya. cepat kerjakan!
atau kusuruh dirimu membuat puisi yg isinya merayu kuda nil ngidam. wakkakk.....kakk...kabuurrr...

 
On March 2, 2009 at 11:39 AM , Linda Belle said...

mau mau mau
jojing jojing jojing