Seringkali, seseorang mendapatkan ide untuk membuat puisi dari kejadian-kejadian yang ada di sekitarnya, begitu juga gue. Seperti kebanyakan anak muda, tema-tema puisi gue adalah cinta. Gak jauh beda dengan puisi pertama, puisi-puisi selanjutnya masih tetap saja aneh, ancur, dan sebagian besar puisi-puisi itu gak bisa dimengerti bahkan oleh gue sendiri. :D

Setelah lulus SMP gue sekolah di SMK Ekonomi yang mempunyai populasi 90 % cewek vs 10 % cowok. Om Tukul juga kalau sekolah di sana pasti jadi arjuna, apalagi gue. Tapi percayalah tak selamanya kenyataan sesuai dengan apa yang kita pikirkan.

Selama 3 tahun sekolah di SMK Ekonomi, membuat gue bisa membagi orang-orang di sana menjadi beberapa klasifikasi :

Pertama, orang-orang yang beruntung, misalnya cewek-cewek yang bisa ditaksir oleh semua cowok di sekolah, atau cewek yang bisa berpoligami di sekolah. Pasti kebayang kan betapa istimewanya (atau bedebahnya) cewek-cewek itu.

Kedua, orang-orang pertengahan, misalnya cewek atau cowok yang punya pacar di sekolah, atau cewek yang gak bisa punya pacar di sekolah. Wajar donk cewek yang gak punya pacar, secara populasi di sana adalah 1 cowok berbanding 9 cewek.

Ketiga, orang-orang payah, misalnya cowok yang gak bisa mempunyai pacar di sekolah sama sekali. Contoh kongkretnya adalah gue hehehe. Pasti kebayangkan betapa payahnya orang ini.

Ketika masih kelas 1, gue jatuh cintrong sama salah seorang cewek dari golongan orang-orang yang beruntung. Secara cewek itu disukai oleh hampir semua cowok di sekolah. Gue bukan orang yang pandai memulai sebuah percakapan, akhirnya untuk melampiaskannya gue nulis puisi2 ini.

Kamu
Aku duduk, ada kamu
aku jalan, ada kamu
di mata-ku, kamu
di do'a-ku, kamu
adakah kamu, Aku ?
(maksudnya, gue mau ngomong kayak gini : apakah kamu punya perasaan yang sama kayak gue. heuheuheu)

Kamu 2
Sore ini hujan turun
kamu di seberang jalan
maaf bila tak menyapa
bukan kamu
bukan hujan
tapi aku yang membeku.
(artinya : duh sori gue gak bisa nyapa kamu, bukan karena kamu galak atau hujan turun, tapi karena gue pingsan ketiban genteng)

Kamu 3

Mmmm, euuu, anu Gue lupa lagi puisinya *guprak*. Sebenarnya pas malamnya gue nulis puisi lagi. Tapi gue lupa hehe. Soalnya puisi nya agak panjangan gituh.

Bagaimana kelanjutan kisah gue dengan cewek itu ? Beberapa hari kemudian setelah gue nulis puisi-puisi ini, cewek tesebut ditembak sama Ketua OSIS pas lagi Upacara Eskul Pramuka di depan seluruh kelas 1. Kenekatan Ketua OSIS nembak cewek itu di depan banyak orang, membuat anak-anak PMR kelabakan nolongin cowok-cowok yang pingsan secara beraturan, termasuk gue yang kejang2 di barisan paling belakang. Sungguh kisah yang mengenaskan.

Dan akhirnya postingan ini berakhir dengan kata-kata kayak gini : kita gak harus jadi Chairil Anwar untuk menjadi seorang penyair hebat, tidak harus jadi Shakspeare untuk membuat sebuah tulisan yang mengharukan, dan gue tidak harus merubah baground blog gue jadi hitam ketika gue jadi bagian Black Community, Blog Competition - Djarum Black. Kita gak harus menjadi sesuatu yang lain untuk bisa jadi sesuatu yang keren. Kita dilahirkan berbeda, dan 'beda' itu adalah sebuah kekuatan. Di satu sisi kita punya kekurangan, tapi di sisi yang lain kita mempunyai sesuatu yang orang lain gak punya.
Gak nyambung ya ?? hehe. Postingan Kontenporer gituh lhoks ... 

Trims sudah menyishikan waktu berharga kamu untuk mampir dan membaca postingan-postingan gue yang amburadul. :D. Tampa kamu gue gak bisa apa-apa. Tetap ngeBlog rame2, cinta damai, dan tetap berbagi.

Keep smile dan hiduplah Indonesia Raya, hehehe ...

Comments (34)

On March 1, 2009 at 4:47 AM , suryaden said...

wakakka...
terus semangat dan berbinarlah hidup ini
sebinar-binarnya...
wahahha....

 
On March 1, 2009 at 6:58 AM , Pipit said...

Kamu...
Elo...
Anda...
Sampeyan...

*lho?*

 
On March 1, 2009 at 9:21 AM , Elsa said...

wah... puisinya bagus tuh
sebentar lagi pasti selevel sama Sutardji... atau sapardi djoko damono...

 
On March 1, 2009 at 9:49 AM , Senoaji said...

wakakakkakakakakak... kamu ohhh kamu knp mau didemenin si JONK wkwkwkwkwkwkwkkwkwkw... wah untung gak jadi ma kamu jonk kalo iya bakalan pingsan periodik tuh cewek wkwkwkwkwkwk

 
On March 1, 2009 at 10:19 AM , anna fardiana said...

aku mau makan, ingat kamu
aku mau tidur, ingat kamu.\

*lho..ini mah lagunya duo Maia... :)

 
On March 1, 2009 at 10:36 AM , attayaya said...

jadilah diri sendiri

 
On March 1, 2009 at 11:17 AM , vie_three said...

waaahhh seru tuch..... eh ketiban genteng kasiaaannnnn.......

wakakakakakakakakakakakak

 
On March 1, 2009 at 12:07 PM , ipanks said...

Tulis ajah apa yang mau kamu tulis
Tulis ajah apa yang terlintas di kepalamu
Jangan memikirkan bagus atau jeleknya tulisanmu
Tapi teruslah menulis dan kamu akan terkejut dengan hasilnya

 
On March 1, 2009 at 2:48 PM , hryh77 said...

tapi keren mas puisinya..
kocak abis wkwkwkwwk..^^

 
On March 1, 2009 at 3:03 PM , Sang Cerpenis bercerita said...

rang-orang payah, misalnya cowok yang gak bisa mempunyai pacar di sekolah sama sekali. Contoh kongkretnya adalah gue hehehe. Pasti kebayangkan betapa payahnya orang ini.

masa sih...? belum ketemu aja yg pas.
nanti juga ketemu kalo memang sudah waktunya.

 
On March 1, 2009 at 3:04 PM , Sang Cerpenis bercerita said...

uh sori gue gak bisa nyapa kamu, bukan karena kamu galak atau hujan turun, tapi karena gue pingsan ketiban genteng)

ha ha ha...asli...aku ngakak ngebayangin kamu ketiban genteng. pingsan? emang gentengnya segede bagong? ha h a ha.....lucuu....

 
On March 1, 2009 at 3:06 PM , Sang Cerpenis bercerita said...

Aku duduk, ada kamu
aku jalan, ada kamu
di mata-ku, kamu
di do'a-ku, kamu
adakah kamu, Aku

kayak lagu Vina Panduwinata kok.
tapi kurang nih...di dadaku ada kamu..

masih ada lagi nih :
aku nongkrong (di wc) ada kamu
aku ngiler (lagi tidur lelap) ada kamu
aku pup (ups...) ada kamu
aku ngeblog ada kamu...

 
On March 1, 2009 at 3:41 PM , IjoPunkJutee said...

Tuhan sudah meciptakan masing-masing makhluk dengan "BERBEDA". Kenapa kita harus "ngeyel & ngengkel" untuk meniru si ANU..??

Be Ur Self....!!!

 
On March 1, 2009 at 4:24 PM , Sang Penyamun said...

ciamis banyak ya bloggernya.. salam kenal ya bro...

 
On March 1, 2009 at 4:26 PM , Itik Bali super Keren said...

Kamu 4

Untung kamu bernama Jonk
Coba kalo kamu bernama Bunga
Pasti kamu bunga paling gak keren di dunia
Kamu emang pantas di sebut Jonk
Karena kamu adalah Jonk

Kamu adalah JoNk
kadang keren kadang abstrak
dalam ketidak tentuan habitat
Kadang singgah kadang pergi
Kadang baik kadang engga
Kadang cihuyy kadang menyebalkan

Kamu emang JonK
Please Deh jangan di terusin jadi Jonk*k
malu gitu loh!!

 
On March 1, 2009 at 4:45 PM , RCO said...

Biar kamu aja deh yang ketiban genteng.

Chairil Anwar angkatan 45
Sutardji angkatan 66 (kalo ndak salah)
Jonk angkatan ketiban genteng

 
On March 1, 2009 at 5:30 PM , renspandy said...

haha..
kasian gentengnya...
kena elu...

semangat bro!

 
On March 1, 2009 at 6:52 PM , J O N K said...

@ Suryaden : xixixixi, ayo berbinar-binar sampai berasap
@ Pipit : tambahin lagi ... kebo, kodok, dodol :D
@ Elsa : waduh, terlalu berlebihan kalau selevel sama mereka mba
@ Senoaji : hehe, dia bener2 cewek yang beruntung mas, karena gak jadian sama gue :D
@ anna : hahaha *guprakkkk*
@ atta : Yups
@ vie Threee : yah kasian kok di ketawain hikshikshiks ... :((
@ Ipanks : makasih banget mas, motivasinya. pasti akan gue inget
@ hryh77 : makasih mas :)
@ sang Cerpenis : hahahaha, makasih banget mba atas semangatnya, btw gue belum pernah dengerin lagu vina lho.
@ Ijo : sip lah
@ sang Penyamun : Lam kenal juga :), ciamis banyak donk blogernya
@ Itik Jelek : untung aja JONG itu kece, jadi itik kebawa jadi kece
RCO : Lebih tepatnya angkatan puisi super DODOL hehe
@ Respandy : wah, kok lebih kasian gentengya daripada gue, hikshikshiks *step mode on*

 
On March 1, 2009 at 7:10 PM , Kang Artha said...

wuihhh keren JONKESPHERE...salut buat kamu JONK....

btw..dapat data perbandingan cowok cewek 1:9 itu darimana?...kalau emang gitu kok masih jomblo aja????

atau 9 cewek itu terdiri atas 8 nenek dan 1 cewek cakep ya???/...ha...ha...ha

 
On March 1, 2009 at 8:27 PM , zakian said...

teruslah berkreatifitas brother ...

 
On March 1, 2009 at 9:52 PM , pencari cara sukses adsense said...

asli beneran gua tertawa lepas baca artikel Anda, makasih dah membuat saya bisa mengendurkan pikiran dan otot pipi setelah sempat sibuk pikiran seharian ... thanks

 
On March 1, 2009 at 11:50 PM , MATA HATI said...

eh..ngomong2 ce itu nrima ga wkt ketua OSIS km nembak? kok mirip critaku ya...jadi...???? huahahahha

 
On March 2, 2009 at 2:17 AM , ndah maldiniwati said...

kelamaan bikin puisi sih, blajar dr pengalaman.. next time harus segera bertindak ka' sang ketua osis itu. mungkin moment-nya bisa lbh akbar lg, upacara 17 agustus misalnya:D

**btw baca profilnya lo msh punya mimpi nonton Milan di San Siro? yux buruan ke sana... sbeleum maldini pensiun, sbelum milan trdegradasi hehehe...

 
On March 2, 2009 at 4:04 AM , Itik Bali paling cihuyyy said...

Jonk, aku sudah baca tuh Jarum Black Blog competition
Tapi otakku mulai perdarahan kecil
bingung, maklum IQnya sebesar biji mentimun
Plis deh jelasin ke saya gimana caranya pasang banner itu dihalaman utama.
Asli, sumpah aku gak ngerti

Jonk yang super kece
Bantulah aku yang super keren ini
biar aku gak super bingung!

 
On March 2, 2009 at 7:55 AM , ADVINTRO said...

masih bagusan yang'bukan basa basi' yang kemaren,hehe

 
On March 2, 2009 at 9:03 AM , Elsa said...

walah Jonk....
maaf bin sorry yaaaa

berarti ya kamu sudah sekelas deh sama pak sutardji kalo gitu!
angkat topi buat kamu!!!

salut....

 
On March 2, 2009 at 10:59 AM , macangadungan said...

hahhaha....
bikin pengen nimpuk ketua OSISnya ga sih? diantara sekian banyak cewek, knp dia ga cari cewek dari kalangan ga beruntung aja? sekedar buat menjaga keseimbangan di dunia ini XDDDD

 
On March 2, 2009 at 11:45 AM , Linda Belle said...

jonk...
gw gak bisa bikin puisi buat elo cmn bisa hina2 doang hhuuhuhuhuuh.....
selamet yak krn pingsan ketiban genteng :D

 
On March 2, 2009 at 1:15 PM , ' Li ' said...

hahahahaha....sampe kejang2 gt jonk...^^

 
On March 2, 2009 at 1:24 PM , Atca said...

huehehehe, lucu habis..
ada aja kalo lagi jatuh cinta yah..

Btw jadi inget lagunya maia ...

 
On March 2, 2009 at 5:36 PM , neng aia said...

jonk, kamu berbakat nak! *menangis terharu lagi*

 
On March 2, 2009 at 6:22 PM , J O N K said...

@ kang Artha : :D itu menurut survey lembaga sensor indonesia kang ...
@ zakian : yups, sama2 brother
@ pencari cara ... : sama2 pa :)
@ mata hati : hehe, dia ditolak ...
@ ndah : aduh gak tau tuh, cari yang murah meriah kali ya nembak pas pramuka. ayo nonton milan !!! :)
@ Itik bali : :D cari dulu ya.
@ advitro : hahaha, mas sih mas ?
@ Elsa : waduh, terlalu berlebihan kalau dibandingkan sama pa Sutardji :)
@ Macan Gadungan : hahay, gak tau tuh ketua OSIS pake milih yang itu
@ Linda : *guprak* :((
@ Atca : haha, mendingan jadi inget JONK kalau baca puisi itu
@ Neng Aia : aiiiih kok nangis sih, kan puisi untuk KAMU :D

 
On March 2, 2009 at 9:55 PM , JALOE said...

wkwwkwwkwkwk... luthu bro.. seorang penyair itu pria romantis, namun selalu di rundung malang dengan hasrat cintanya itu.. :(

 
On March 31, 2009 at 9:03 AM , jessica said...

puisi lo (kamu1 dan kamu2) bagus koq! gw suka!