Di tempat gue, ada dua orang teman kerja yang membuat gue selalu merasa jadi orang paling beruntung di dunia ini, karena mereka selalu bisa membuat gue ketawa. Keduanya mempunyai berat badan 3 kali lipat dari berat badan gue dan mempunyai wajah yang gokil (menurut pasangannya masing2). 

Pertama adalah orang yang sering gue sebut di BLOG ini, mba Dwi, seorang finance yang rajin ngasih gue permen plus sering memperbudak gue. Yang kedua adalah Pak Mul, orang marketing, yang mempunyai kecepatan ngomong 2400 km/jam, dan tadi siang dia ngajarin gue bagaimana caranya memarahi orang :D.

Sekarang ini, gue menghabiskan 2/3 hidup gue dengan rekan-rekan satu kerjaan. Untuk saat ini gue enjoy banget dengan semua ini. Mendapatkan pelajaran yang gak pernah gue temukan di tempat gue sekolah, mempunyai banyak teman yang membuat gue tertawa dengan hal-hal yang kecil, dan percayalah teman-teman gue menjadikan gue sesuatu yang berbeda. 

Sebuah pelajaran memang gak selalu harus di tempat yang formal, dan gue menemukannya siang ini. Gue ngobrol-ngobrol dengan ketua grup gue tentang beberapa hal. Membicarakan tentang keinginan dia untuk merubah sistem kerja yang sudah ada menjadi sesuatu yang berbeda. Dia menceritakan sesuatu buat gue. 

"ada satu kelompok tikus dengan populasi yang besar dan mempunyai satu tempat yang mempunyai persediaan keju yang sangat berlimpah. Kenyataan tersebut membuat mereka terlena dan tidak mau mencari sesuatu yang baru. Tapi ada satu tikus pintar yang tidak puas dengan apa yang dia miliki dan ingin merubah keadaanya sekarang. Akhirnya dia pergi mencari sesuatu yang baru, sempat terlunta-lunta, tapi akhirnya dengan sebuah perjuangan, dia mendapatkan tempat yang mempunyai persediaan makanan lebih banyak dari tempatnya dulu. 

Beberapa tahun kemudian, persediaan makanan di tempat kelompok tikus tadi habis dan semua tikusnya kelaparan. Tapi si tikus yang cerdas bisa tidur dengan tenang karena dia mempunyai persediaan makanan yang berlimpah" Tanya kenapa ??

Gue mendapatkan pelajaran dari kisah ini, ternyata jika gue ingin mendapatkan sesuatu yang lebih baik, gue harus merubah diri gue terlebih dahulu. Bukan merubah diri kita menjadi orang lain, karena itu sama saja dengan membunuh diri kita sendiri. Membunuh karakter kita yang berbeda dan sungguh, menjadi orang lain itu sangatlah tidak menyenangkan. Oleh karena itu gue memutuskan untuk tidak merubah gue dan blog ini ketika mengikuti kompetisi Blog Djarum Black, biarlah diri gue tetap se-simple Djarum Black Slimz untuk bisa bergabung dengan komunitas ini.
Berubah sepertinya gak se-instan memasak mie kare pedas. Sesuatu yang besar pasti harus melewati sesuatu yang kecil. Kita punya banyak kebiasaan buruk, sebelum merubah kebiasaan buruk yang besar, mungkin sebaiknya kita memperbaiki kebiasaan buruk yang kecil terlebih dahulu. Jadi pertanyaan hari ini adalah Kebiasaan buruk (dan menurut kamu kecil) apakah yang ingin kamu rubah hari ini ? 

Kalau gue sih, ingin meninggalkan kebiasaan mandi satu kali sehari dan merubahnya dengan mandi 2 kali sehari. Mungkin ini saatnya gue di taksir sama cewek-cewek, teh Linda ajarin gue nembak cewek donk !! haha. Terus gue pingin berolahraga yang teratur, soalnya gue rasa perut gue jadi agak-agak mirip anak cacingan gituh.

Ngomong-ngomong masalah olahraga, besok gue rencananya gue mau pergi futsal, biasanya sih di lapangan indoor, dan hal itu membuat gue sering kehabisan napas. Main bola 5 menit, istirahat-nya 10 menit, parahhh. Jadi yang pingin melihat adiknya David Beckham kesambar petir main bola, silahkan cari di semua tempat yang agak luas, di pinggir sungai Ciliwung. Semoga beruntung :D.

Eniwei, sekarang sudah jam 10 malam lho. Gue belum mandi nih hehe, tapi berhubung pingin merubah kebiasaan, jadi akhirnya malam ini gue mau mandi. Mudah-mudahan gue gak kena penyakit diabetes superrumitus.

Thx sudah mampir, dan temani gue menjadi sesuatu yang lebih baik, chayooo !!! :D

Comments (40)

On March 4, 2009 at 11:38 PM , Anonymous said...

wkwkwkwkwkw..lucu juga postingan eloe, tapi ada benarnya, emang untuk berubah itu pilihan...Berat siy, yah kita mau apa kagak, secara u kebaikan kita juga bukan?? Merdeka!!

 
On March 4, 2009 at 11:59 PM , brown sugar said...

Kebiasaan buruk gw demen banget manjain lidah alias jajannnnnnnnn.......kalo ga jajan sehari aja gatel tuh lidah pengen digaruk....hiks...ada solusinya ga JONK?.....tapi Jonk lw mandi ga mandi ga ngaruh kekna ...soalnya kambing ga pernah mandi juga pemintanya banyak Jonk..

 
On March 5, 2009 at 12:01 AM , brown sugar said...

Eh psk Jonk ..psk...pesan salah ketik tuh pada kata "pemintanya" harusnya peminatnya....ralat ya Jonk Ralat

 
On March 5, 2009 at 12:41 AM , Anonymous said...

iya, bener jonk.... kalo kita mo lebih baik, kita musti berubah,,,,
gokil tp dalem nie post nya kali ini,,, kesambet apa jonk???

 
On March 5, 2009 at 12:43 AM , Anonymous said...

berubah juga harus setia loh

 
On March 5, 2009 at 3:35 AM , Anonymous said...

Jonk, ini ada advis buatmu untuk berubah ya :
1. Mandi jangan cuman 1 atau 2 kali sehari, kalo pengin nembak cewe, untuk JoNk yang item ngeselin eh.item manis denk, perlu 7 kali sehari mandi kembang 7 rupa 7 warna 7 tempat 7 ember air

2. Alternatif kedua, jangan mandi sama sekali, alasan : menyebabkan penurunan berat badan drastis, maklum daki itu bisa sangat mempengaruhi berat badan.

3. Kalo olahraga, lebih bagus jangan futsal, aku kasih alternatif lain yang lebih cocok ya, oleh raga angkat beras di pasar
selain badan sehat, otot kuat, juga jadi bersemangat karena dapet duit. 1 karung angkatan beras sekarang di hargai 5000 perak, coba kalo dalam sehari bisa ngangkat 1000 karung, dapet 5 juta perhari Bo!! ngalahin bisnis internet marketing!!

Itu saran terbain dari saya,
dilaksanakan baik, gak dilaksanakan lebih baik lagi..

 
On March 5, 2009 at 5:22 AM , Anonymous said...

kaizen : berubah (ke) lebih baik (secara berkesinambungan). dalam prinsip kaizen, lakukan perubahan yang paling mudah, kalau bisa minimalkan biaya dan jangan tunggu 100% sempurna. langsung bertindak sekarang juga. karena nanti pun akan selalu ada perbaikan.
selamat berubah....
*bahkan power rangers tidak bisa apa-apa jika tidak BERUBAH!!!*

 
On March 5, 2009 at 6:53 AM , ayuzuricha said...

sip banget postingnya, bener nih, sebelum liat orang kita harus juga berubah buat kita sendiri, karena orang kan memandang kita bukan cuma kita yang memandang orang :)

 
On March 5, 2009 at 7:13 AM , Anonymous said...

berubah harus yang lebih baik dong..kalo berubah ke yang ancur itu yang salah hehehe..

 
On March 5, 2009 at 8:32 AM , Anonymous said...

berubah???
seperti superhero donk
:)

 
On March 5, 2009 at 8:55 AM , Unknown said...

Kyknya itu tulisan ttg tikus ada di buku "who moved my cheese" deh..aku ada e-book nya,ntar coba aku baca dulu hehe..

Cara mendptkan cewek? duh Jonk, yg pasti cewek tak suka cowok bau :p hhmmm...klo gitu lo coba aja rayu2 Aia sapa tau disambit gayung :D

Jonk...dikau mandi???huebaatttt!!! gak bakalan sakitlah...malah panunya ntar berkurang loh hihihi...

 
On March 5, 2009 at 9:05 AM , mocca_chi said...

ini merupakan sebuah pilihan, antara bertahan dengan kebiasaan lama yang nyaman, atau mencari sesuatu baru dan siap dengan perubahan.
u know what, kadnag peurbahan itu menyeidhkan.

 
On March 5, 2009 at 9:31 AM , Anonymous said...

perubahan yang lebih baik selalu kita butuhkan.
untuk berubah memang butuh perjuangan.

keep alive

 
On March 5, 2009 at 9:59 AM , J O N K said...

@ Natalia : Oke deh :D, btw orang yang koment pertama nanti tak traktir selepas lebaran gorila ...
@ Yumaima : aiiih kok kambing sih mba, aku kan badak bercula empat
@ BlagaBloger : kesambet gita gutawa, hahaha, lagi cinta mati sama si gita euy
@ Suryaden : sip mas, mencoba untuk berkesinambungan hahaha
@ Itik Jelek : aiiiihhhh, saran yang bagus sekali, nanti gue coba (nangis mode on)
@ Sibaho : hahaha, seff pa, jadi sekarang saatnya kita berubah jadi power ranger ?
@ Ayuzuricha : :D sip juga mba
@ Atca : pasti donk, kalau berubah ke yang lebih buruk, gak usah berusaha :)
@ Rusa : hihihi, yuph kalau itu dibutuhkan :D
@ Teh Linda : aiiihhh, kok aia sih, nanti gue ditembak mati donk teh
@ Mocha Chi : yuph kadang menyedihkan, tapi kalau pingin sesuatu kita harus membayar dengan harga yang setimpal mba :)
@ Attayaya : keep alive juga :)

 
On March 5, 2009 at 10:35 AM , Pipit Pito said...

hubungannya gak mandi ama diabetes apaan??

kebiasaan buruk yg pingin aku ubah yaitu ngompol waktu tidur... wkwkwkwk... :D

 
On March 5, 2009 at 10:56 AM , SunDhe said...

brubah itu seperti satria baja hitam yah ??
atau masked rider ??

hmm.. kok ada mie instan di sini yah ??

 
On March 5, 2009 at 12:49 PM , admin said...

berubah jadi lebih baek or buruk nih hi..hi..

 
On March 5, 2009 at 1:18 PM , Unknown said...

Kebiasaan buruk (dan menurut kamu kecil) apakah yang ingin kamu rubah hari ini ?

ngupil kali yee...tapi kalo gue ngupil biasanya di kamar mandi kok. dan..tentu aja cuci tangan setelah itu. wakkaakk....

 
On March 5, 2009 at 1:19 PM , Unknown said...

Kalau gue sih, ingin meninggalkan kebiasaan mandi satu kali sehari dan merubahnya dengan mandi 2 kali sehari. Mungkin ini saatnya gue di taksir sama cewek-cewek, teh Linda ajarin gue nembak cewek donk !! haha. Terus gue pingin berolahraga yang teratur, soalnya gue rasa perut gue jadi agak-agak mirip anak cacingan gituh.

pantes, tiap mampir ke sini bauu apa gitu..ternyata ada yg suka ngepet. gak mandi. ihhh

and perutnya itu bukan cacingan kali..tapi anakondaan, xi xi xi..'peace' bro..peace....

kasih liat perutnya deh segede apa sih emangnya?

 
On March 5, 2009 at 2:05 PM , Etha said...

salam kenal

 
On March 5, 2009 at 4:14 PM , Anonymous said...

si JONK mandi? jangan deh JONK kasihan airnya entar pingsan! kaget ngeliat si JONK tobat!

kalo alasannya nostalgia sama si air, sih oke2 aja.
tapi kalo mandi, habis gitu 2 kali sehari lagi, wahhh aku saranin jgn deh! bisa ruwet urusannya ntar. itu shock culture banget buat si air. bisa2 tuh air ngambek 14 turunan. fiuh!

wkwkwkwkkwkwkkwkwk...

 
On March 5, 2009 at 5:39 PM , Sofia Nin said...

eh soal mandi?
gw jg trkadang maless bgt
haha
sama donk :P

 
On March 5, 2009 at 5:40 PM , www.katobengke.com said...

wah kayak soal psikolog...
aq suka post yang penuh dengan motifasi...
I Like....
sumpah aq suka sekali artikel ini
aq print yah....

 
On March 5, 2009 at 5:58 PM , Anonymous said...

Aku bangga kok menjadi diriku sendiri.. Kenapa harus jadi orang lain.. hehehe... nice.. Salam Kenal

 
On March 5, 2009 at 6:31 PM , Andy Candy Man said...

Wah... lucu juga tulisannya. Jadi inspirasi gw mo berubah jadi satria baja hitam. Bisa gak yak???

Uda gw add ke kepenghuni gw yak. Aneiwei salam kenal, jg lupa maen ke blog gw yak

 
On March 5, 2009 at 7:07 PM , IjoPunkJutee said...

Cepet puas adalah musuhnya perkembangan. Jika ingin berkembang dan terus berkembang jangan sekali-kali cepat puas. Seperti Grup Musiknya Ippho Santosa "ANDALUS" yang gak pernah puas dengan pujian-pujian "bagus banget lagunya" atau "wuih hebat...!!!). mereka tak pernah berhenti hanya karena sanjungan itu. Mereka mengejar komentar "Wuih...gila bener ni lagu...!!!"

 
On March 5, 2009 at 7:56 PM , Anonymous said...

caiyo.,.,.,.

salam kenal.,.

 
On March 5, 2009 at 8:10 PM , Anonymous said...

wahahah... ternyata mandi sehari sekali ya... tuh jam 10 mandi sore apa dari pagi gak mandi hehehe

 
On March 5, 2009 at 8:17 PM , Anonymous said...

mlam ni hujan turunlagi,,,,
disini q baca postingan hari ni dari ijonk,menerawang kebelakang melakukan flashback dikit,dikehidupan q yang dulu,,,
hehehe itu yang q lakukan pda saat mengingatnya,tpi dibalik itu semua ada hikmh nya terdapat banyak perubahan yang terjadi pda diri ini...
trnyata q memng berubah baik fisik maupun mental...
:D

 
On March 5, 2009 at 9:04 PM , Anonymous said...

kok sama ya frekuensi mandi kita sehari?
hoho..
iya-iya.. saya bakalan berubah..

kalo kebiasaan buruk saya yg mau diubah sih, bagun pagi JONK...
malemnya kebanyakan belajar (baca : blogging) hehe...

 
On March 5, 2009 at 9:37 PM , Anonymous said...

berubah???sapa takutttttt....

tunggu daku mau berubah dulu yap...

berubahhhhhhhhhhhhhhhhhhhh syuoikuruuu

kok ga bisa yap bwakakaka

 
On March 6, 2009 at 3:11 AM , YAYAN said...

senangmya bs enjoy ma hidupnya..beruntung.. mang sih sesulit ap pun kl dah enjoy ma habitatnya ya weeeesss..sukses y bro

 
On March 6, 2009 at 6:58 AM , Nyante Aza Lae said...

berbahagialah bagi orang yang mau berubah, menuju yang lebih baik!

 
On March 6, 2009 at 10:36 AM , anna fardiana said...

yayaya...
belum mandi...itu kan emang kebiasan mu kan jonk??? hahahaha

 
On March 6, 2009 at 10:19 PM , Anonymous said...

ikut kontes blog yuk.... :-)

 
On March 6, 2009 at 11:29 PM , Edhi Heriyaman said...

hidup adalah perubahan..lho salah, perbuatan..hehehe..itu kata iklan politik,
untuk berubah perlu komitmen yang kuat, karena gw ngerasain sendiri banyak godaannya..
hidup perubahan..

 
On March 8, 2009 at 8:09 PM , Anonymous said...

Seperti analogi berubah menjadi ultramen..

dari kecil jadi besar..

 
On March 8, 2009 at 11:19 PM , Lumbunghati said...

Udah merubah kebiasaan mandinya?
Bener banget nih postingannya. Merubah sesuatu dari yang kecil. Aku lagi mengubah kebiasaan ngupil dimana aja (maaf) habis baca postingan ini langsung punya keinginan untuk merubah diri. Thanks

 
On March 9, 2009 at 7:00 PM , Windaru said...

berubah ya jonk?
kebiasaan buruk yang pengen gw ubah adalah...
tidur siang kelamaan
ampe lupa kuliah
parah edan, kalo gw udah tidur. alrm kenakaran gak mempan buat bangunin gw.

btw sekarang lu dah mandi belon?
gw mandi dulu ah...

 
On March 10, 2009 at 1:52 PM , Anonymous said...

Jonk udah merubah kebiasaan blm??? dah merubah kebiasaan jarang mandi blm... hhehe... pisss... yaa