Kayaknya dah lama gak ngebersihin Blog. Maklum sekarang kan akhir bulan dan gue sibuk ngerekap hutang pribadi hehehe. Orang-orang yang sering gangguin gue juga lagi pada istirahat dulu. Mereka lagi sibuk dengan urusannya masing-masing. 

Pa Mul lagi ke daerah Sumatera. Kata Mba Dwi sih, dia lagi tugas sekalian ngunjungi keluarganya di Daerah Pangabuan - Prabumulih, deket Palembang, terus deket perbatasan Lampung, di tengah-tengah hutan pula. Lah siapa saudara pa Mul yang rumahnya tengah hutan, paling juga gorila dan sejenisnya, huahahahaha. Mba Dwi memprediksi Pa Mul bakalan kurus sehabis selesai tugas dari sana. Semoga sajah hehehe.

Nah kalau ada yang tersisa di tempat kerja, hanya ada beberapa temen yang bisa gue godain. Bang Nawi orang marketing, dia betawi asli. Gak pelit tapi privare (lah apa bedanya, ya ?). Ceritanya tadi siang gue ngebantuin dia memecahkan sesuatu (mecahin sejenis gelas kaca, red). 

Semua orang di tempat kerja tau kalau gue gak ngerokok dan bang Nawi nawarin gue rokok sebagai ucapan terimakasih. Sambil senyum-senyum lagi. Jiahh ini mah sama aja dengan gak memberi apapun ke gue, mendingan gak sama sekali donk ah. Tapi karena gue lagi berbaik hati, gue terima rokok itu. Dan Bang Nawi pun terbengong-bengong, 

Bang Nawi : "Lu sekarang ngerokok Jon ???"
Gue : "orang bisa berubah donk hehehe"
Bang Nawi : (masih terbengong-bengong, mungkin dalam hati : "MATI GUE !! itukan jatah gue hari ini") 

Hahaha gue intermezo kepanjangan. Tapi hari ini gue bener-bener pingin ngebahas Rokok.

*****
Rokok benar-benar merugikan lho, merugikan kesehatan si perokok sendiri plus sama orang-orang di sekitar dia. Gue browsing di google, dan gue dapat info, ternyata rokok mempunyai 3 elemen yang sama-sama berbahaya-nya, yaitu : Karbon MonoXsida, Nikotin, dan Tar. Menurut artikel itu, Karbon monoXsida sama nikotin itu ketelen terus jalan-jalan bareng darah dan membuat darah kehilangan fungsinya buat ngikat OKsigen. Kemudian si perokok rentan kena kangker paru-paru, kandung kemih, sama sakit jantung. Wah ngeri banget nih. 

Koq orang yang deket sama perokok dirugikan juga sih? Nah kalau si monoxsida sama nikotin langsung ke-konsumsi sama si perokok, tapi Tar-nya itu enggak. Dan si Tar itu bisa kehisep sama orang-orang yang dekat sama si perokok. Sebagai gambaran, Tar itu gak kalah kegunaanya sama yang namanya Nikotin. Alias Tar dan Nikotin adalah kakak berAdik yang sama galaknya.

Terus gue juga baca tulisan di kakus.com. Dr Stephen Carr Leon, seorang peniliti California melakukan penelitian tentang rahasia kecerdasan orang Israel. Ada banyak rahasia-rahasianya dan salah satunya itu adalah orang Israel dilarang merokok. Gue ngutip beberapa paragraf dari artikel tersebut.

"Di Israel, merokok adalah tabu, apabila Anda diundang makan dirumah Yahudi, jangan sekali kali merokok. Tanpa sungkan mereka akan menyuruh Anda keluar dari rumah mereka. Menyuruh Anda merokok di luar rumah mereka.

Menurut ilmuwan di Universitas Israel, penelitian menunjukkan nikotin dapat merusakkan sel utama pada otak manusia dan akan melekat pada gen. Artinya, keturunan perokok bakal membawa generasi yang cacat otak ( bodoh). Suatu penemuan yang dari saintis gen dan DNA Israel."

Dan lucunya, orang-orang Israel banyak mendirikan pabrik rokok di luar negara mereka, sedangkan mereka sendiri melarang warganya untuk merokok. Apakah ada sesuatu misi dari kebijakan ini ?
Kalau ada negara yang sukses ngelarang ngerokok itu adalah Singapore, ya jelas donk negara mereka kan kecil, jadi mudah untuk mengawasi warganya. Nah bagaimana dengan Negara kita. Salah satu negara terbesar di Dunia (besar : wilayahnya, penduduknya, KORUPSINYAH, dan HUTANGNYUUAH). Menurut otak gue yang tumpul, ada sebuah dilema kalau kebijakan dilarang merokok diterapkan :D

1). Negara kita luas, dan gue kira susah sekali untuk menerapkan aturan "dilarang ngerokok". Terus ada yang lebih dilematis lagi, kebanyakan acara-acara di negeri ini pendukung utamanya adalah perusahaan rokok. Ada Liga Indonesia yang disponsori rokok, Bola voli, bulu tangkis, dan beberapa kegiatan-kegiatan seni. Dan gue rasa perusahaan-perusahaan rokok itu antusias dan konsisten banget mendukung acara-acara kayak gitu.

2). Terus gimana dengan saudara-saudara kita ? Gue ambil contoh : ada temen gue tukang Lukis dan dia gak bisa dapat inspirasi kalau gak ngerokok, terus ada kakak gue yang gak bisa kerja sampai malam kalau gak ngerokok. Ayah gue juga seorang perokok dan dia sudah gak bisa dipasahkan lagi sama yang namanya rokok. Gue pernah ngelarang dia tapi gue gak mungkin donk ngelarang dia dengan marah-marah, ya gue sih cuma ngomong doank kalau rokok itu bahaya, dan untungnya dia sekarang sudah mulai bisa gue ajak kompromi hehehe.

3). Dan ada lagi hal yang lebih kronis. Kalau perusahaan rokok ditutup sama pemerintah, bisa dibayangin berapa banyak pekerja yang jadi pengangguran. Ini juga kayaknya bakalan jadi sesuatu yang berpotensi menjadi sebuah bom waktu, apalagi sekarang lagi krisis global, bisa-bisa jadi bom Atom. Belum lagi kehilangan pendapatan dari pajak yang bisa membuat pusing. Belum lagi kehilangan hal-hal yang lain.

4). Kamu punya perkiraan lain ?

Yep, akhirnya semua ada baik dan buruknya. Kalau semua pihak sudah siap menghilangkan sedikit demi sedikit tradisi ngerokok demi generasi yang lebih cerdas, gue rasa Indonesia bakalan lebih keren, walau gak tau kapan itu terjadi. Susah kayaknya, tapi selalu ada jalan keluar. 

Dan memang semua hal itu ada harganya. Kebijakan yang besar, pasti bakalan dibayar dengan harga yang mahal, dan gue tau hal itu gak bakalan semudah ngetik tulisan ini. Semua memang berat, tapi mencoba dan berharap jangan pernah berakhir.

*****

Wuah panjang banget nih hahaha. Sori tulisannya susah dimengerti, gue sadar dengan sejauh mana kecerdasan gue jadi tulisannya gak pernah bisa cerdas hahaha. 

Tapi, Gue gak mau nyalahin ayah gue yang seorang perokok donk, gue cenderung memilih rela dengan apa yang disebut dengan takdir dan sekarang saatnya merubah sesuatu yang bisa dirubah.
Dan tentang rokok yang tadi siang dikasihkan Bang Nawi ke gue. 

Beberapa jam kemudian. Bang Nawi ngedatangin gue.

Bang Nawi : "Hehehe, rokok yang tadi mana Jon, gue yakin lu gak isep rokoknya"
Gue : "lha, kan udah dikasihkan ?"
Bang Nawi : "orang 'can change' lah, pemikiran orang bisa berubah" (lah ini mah kata-kata gue yang tadi siang)
Gue : "hehehe, kamu beruntung bang, rokoknya gak gue isep"
Bang Nawi : "Tuh kan apa gue bilang, gue minta lagi deh nanti gue ganti sama roti cubit" (sangat kegirangan)
Gue : "gak gue isep, tapi ROKOKNYA DAH GUE KASIHKAN KE PA BUDI, kayaknya dah habis, gila tuh pa Budi ngerokoknya cepet banget, HUAHAHAHAHA"
Bang Nawi : (untuk kesekian kalinya : BENGONG dengan SUKSES)


PS : 
Dapat bingkisan dari Miaw yang udah cape-cape ngebuat award dengan tangan dia sendiri. "Thx, Mi, semoga cepet-cepet jadi kucing beneran hehehe." Mi maaf ya, gue spoiler, tulisan gue gak tau kenapa jadi panjang kayak gini hahaha. Biar lebih ringkas keliatannya, oke ;)

Bingkisan dari Miaw, ayo di Klik !


Comments (97)

On April 30, 2009 at 12:42 AM , Nee said...

hahaha... pertamax kah?
saya juga ga ngerokok.. saya punya asma... bengek bisa2
eh.. jangan2 gw oon, apa karena orang sekeliling gw ngerokok yakz?

 
On April 30, 2009 at 12:58 AM , wh said...

wuah pantesa gua goblok bpku kn perokok [kok jdi nyalahin bpk}

say no to smoking.............

 
On April 30, 2009 at 1:13 AM , hryh77 said...

wew.. ngerokok termasuk jihad juga nih.. coz rela ngorbanin diri sendiri, tanpa peduli sama kesehatannya demi negara he..he..

 
On April 30, 2009 at 1:44 AM , JengSri said...

buntut2nya award dasar dodol si jonk!

 
On April 30, 2009 at 1:54 AM , riosisemut said...

Say No..! To Smoke.

Gara2 rokok, aku prnh sakit paru2, ngrugiin bngt.

 
On April 30, 2009 at 4:14 AM , OPHIE CHIEN said...

Ijonk katroo.. im coming.. hahahha.. kngen bgt ma loe... pa kbr loe?? welehhh. idup gw lg sulit nih. sulit ngeBW mksdnya... lg mnikmati dunia nyata bbrpa wktu trkhir ini. klo skrg ini sih, krna ga bs tdr, jdnya ngeBW sambil minum vanilalate panas.... eemmm. enak... hahahah..

 
On April 30, 2009 at 4:34 AM , Newsoul said...

Info yang bagus. MUI malah bikin fatwa merokok Harammmmmm. Sy juga ada buat postingan ttg rokok. Salam kenal ya.

 
On April 30, 2009 at 4:38 AM , Sky net said...

The world's beautiful things, and a variety of different
I am my job
Collection of beautiful things
And my blog is
Beautiful things
I am proud of friends and bloggers
I hope to become friends
Expected of you
Accept greetings

 
On April 30, 2009 at 4:46 AM , Antaresa said...

waaah rokok ya?

aku pernah nyoba ngeroko, eh hasilnya malah batuk-batuk

 
On April 30, 2009 at 5:05 AM , sii melyn said...

Wah..
Beneran dikau gak nger0k0k bro?
Ckckck..
Aku tuh selalu salut sama cowo yg gak nger0k0k.
Dan selalu antipati sama cowo yg nger0k0k.
Tetep semangat ya, gak nger0k0knya..
Teruskan perjuanganmu, nak!
Hwkwkwk..

Sedikit share pendapatku tentang rok0k dan per0k0k.
Masalah r0kok di negara kita memang dilema banget. Tapi seperti katamu, seandainy ind0nesia bisa ngelahirin generasi tanpa asap r0k0k, pasti lebih keren.
Hoho..

Dan buat para per0k0k, menurutku per0k0k2 yg suka nger0k0k ditempat umum tuh eg0is, mereka ng0rbanin orang lain demi kesenangan mereka aja.
Yah, bagi perokok2 yg kebetulan baca k0men ini, kalo anda2 tersinggung ane minta maaf. Tapi kalian pada dasarnya tau kalo apa yg kubilang ini bener.

Btw2, kenapa r0k0knya malah dikasihin ke orang lain sih? Kalo saya yang dikasih, pasti uda tak patah2in.
Hwkwk..

Eh, s0ri k0mennya kepanjangan. Hehe..
*dalem hati j0nk: ini k0men apa p0sting?*

 
On April 30, 2009 at 6:28 AM , Pipit said...

smoke in the water aja deh.. haha!! mana bisa yak??

smoke in the water
fire in the sky!!
(deep purple-smoke in the water)

 
On April 30, 2009 at 6:40 AM , U-san said...

Walah?! Rokok ya? Duh kayaknya susah tuch bikin sistim dilarang merokok di indonesia..
Liat aja, skrng anak smp udah nge-rokok (bukan aq lho bang)ckckck gmn ortu2? Apalagi skrng ruang bebas rokok kurang di pake..
Jd binggung!

 
On April 30, 2009 at 6:49 AM , ^^haqie said...

aku gag ngr0k0k k0g j0nk,
hehehe jd aku sehat walfaiat

 
On April 30, 2009 at 7:16 AM , BIG SUGENG said...

Saya kemarin sudah pingin nulis masalah rokok, ternyata keduluan, nggak apa2, saya sebel sama perokok yang merokok sembarangan, bagi saya silakan merokok (dengan segala konsekuensinya)tapi jangan merugikan orang lain. Bayangkan di ruangan sudah ditulis dilarang merokok, ruang AC, kita sudah pernah protes baik2 eee tetep saja dia merokok. Apa mereka nggak punya malu???? Apa nggak bisa baca tulisan larangan???? (nggak mungkin wong dia pendidikan S1 dan S2 ??? )
Buat blogger yang kebetulan merokok, hormatilah harga diri anda dengan tidak merokok di tempat kerja, tempat umum atau sebaiknya ditelan saja asapnya.....

 
On April 30, 2009 at 7:23 AM , kakve-santi said...

kritik jonk...
bukan kaskus.com tapi kaskus.us..
wkwkwkw...
ku juga kena kritikan yang sama,,,

 
On April 30, 2009 at 8:02 AM , zujoe said...

mwehehehe...the other side of katropolis JONK...

besok aku bakalan nyalonin kamu jadi presiden JONK...

nanti tak bikin kaos dengan logo...

"PILIH PRESIDEN JONK KATROPOLIS"

 
On April 30, 2009 at 8:04 AM , nietha said...

haha..mo kritik si JONK juga karena nulis kaskus.com, keduluan..hahaha
sukurlah dikau bertobat untuk ga jadi perokok JONK...
awardnya keren...kapan ya simiaw nyamperin tuh award kerumah gw.

 
On April 30, 2009 at 8:20 AM , suwung said...

eh ngrokok itu mencegah kepikunan lho bos http://soewoeng.com/2008/12/merokok-dapat-mencegah-kepikunan-hormati-perokok/

 
On April 30, 2009 at 8:35 AM , Henny Y.Caprestya said...

ngerokok menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin.
*rasanya udah jelas deh peringatan pemerintah itu*

 
On April 30, 2009 at 8:59 AM , huyuh_meong said...

jonk...
pak mul ke palembang yak???

suruh mampir jambi donk, heuaheaeaehaeuaheu...,

betewe, merokok DAPAT menyebabkan kanker, serangan jantung, gangguan kehamilan dan janin,

kalo merokok BELI enggak, hehehe,...

gw mah gak bisa ngerokok jonk,
cadas mah, asma gw kumat lah...

 
On April 30, 2009 at 9:04 AM , mocca_chi said...

yah, dilematis jadul. sama kek kentut.wkwkw.
tpi, bisa sih rokok diatasi,pelan-pelan. tunggu negara makmur dulu, bayar utang, ekonomi stabil bru diberantas perush rokoknya sedikit demi sedikit. kr klo perush rokok masi bercokol, kebiasaan ngerokok susah dihilangin.lha wong rokok juga kek cewek, yg beredar dengan sukses dan menggoda. (tpi gua ga tergoda, semoga seterusnya kagak)

ups panjang juga komentnya :P

 
On April 30, 2009 at 9:09 AM , Kharianto said...

Hidup SMOKE'RS

wkwkwk

 
On April 30, 2009 at 9:31 AM , yanuar catur rastafara said...

ealah,,awardto??
hahahahaha

 
On April 30, 2009 at 9:45 AM , Laisya said...

Jadii...untuk para perokok silakan mulai dari diri sendiri untuk berhenti merokok. Kalo aku sih terserah orang mo ngerokok atau gak (walaupun tetep inginnya di dunia ini tidak ada perokok!!)
asalkan jangan merokok di depan umum, terutama di angkutan umum. Jadi kalo mo ngerokok, ngerokok aja di kolong meja, biar rokok dan asapnya juga dinikmati sendiri :D

 
On April 30, 2009 at 9:55 AM , donalduck said...

tulisannya smart jonk! gw baca dari a sampe miaw... salam ya buat bang nawi..*sukuriiinnn*
satu hal: gimana kalo kita buat negara sendiri, yakin deh ind bisa bebas rokok *ngayal*

 
On April 30, 2009 at 10:02 AM , taxmania said...

dosanya tripel tuh para perokok...merugikan kesehatan diri sendiri, merugikan kesehatan orang lain, melakukan sesuatu yang mubadzir...

 
On April 30, 2009 at 10:31 AM , ♥ Neng Aia ♥ said...

ahh.. untunglah jojon ga ngerokok!

klu ngerokok,, aku males deket² jojon!

 
On April 30, 2009 at 10:34 AM , partelon said...

kbetulan gue suka nye-moke:
-Smoke On The Water (Deep Purple)
-When The Smoke is Going Down (Scorpion)
-pantat smoke (kekekekekekek)!

 
On April 30, 2009 at 10:52 AM , Sang Cerpenis bercerita said...

bagus....anak baik, cowok idaman deh krn gak ngerokok. Gita Gutawa pasti suka sama kamu. ha ha ha..

 
On April 30, 2009 at 11:02 AM , eri-communicator said...

jalan2 pagi, mampir sebentar, lain kesempatan saya hadir kembali,jangan bosan ya :)

 
On April 30, 2009 at 11:02 AM , eri-communicator said...

yp benar jon rokok bermata dua

 
On April 30, 2009 at 11:03 AM , eri-communicator said...

oh ya lupa jon, saya tidak perokok.

 
On April 30, 2009 at 11:03 AM , eri-communicator said...

satu lagi jon ada yang ketinggalan.

Ayam berkokok diatas genteng
Ngak merokok ngak ganteng

 
On April 30, 2009 at 11:35 AM , bayu nugroho said...

mas jonk, cape yah pasti kamu, buat postingan dengan bahasa yang tinggi gini, mending rebahan, trus dikompres pake aer anget deh yah cpet2 biar efekny ga berkepanjangan yah... hehehhehe...

 
On April 30, 2009 at 12:57 PM , Gaban said...

wuih tambah mantab aja nih brader kita tau ini
saluteee

hhehhehe

 
On April 30, 2009 at 1:46 PM , -KepangDoea- said...

tahukahkamu bahwa merokk dapat menyebabkan gangguan kesehatan, kehamilan dan janin ? ? ? ?

karena itu hentikanlah kawan!!!

anw, saiah link yaa^^
ehehehe...

 
On April 30, 2009 at 1:49 PM , Itik Bali said...

Aku nggak ngrokok lho jonk
apalagi rokok mata dua
wah bisa masuk rekor muri tuh
atau Guinness book of record
ada rokok punya mata
2 lagi

he..he

 
On April 30, 2009 at 1:55 PM , attayaya said...

yup betul tuh ttg singapor
4 hari di singapor aku ga bisa merokok
akhirnya lari ke daerah Geylang. hmmmm bisa ngerokok sepuasnya, cuma mahalllllllllllll

 
On April 30, 2009 at 2:46 PM , ajeng said...

Aku tinggal di Kediri yg notabene adalah produsen rokok (tapi hanya memproduseri rokok bermata 1).Kalo rokok dilarang dimana-mana lalu nasib para pekerja disini gimana dunk?

Padahal aku sendiri alergi asap rokok..

 
On April 30, 2009 at 3:10 PM , vie_three said...

membahas rokok niy jonk, aq baca kok tumben ya pemikiranmu kayak manusia, huwakakakakakakak

Ayahku juga perokok berat loh, dan untungnya kakakku gak niru ya soalnya kan kakakku punya asma ntu jadinya kagak boleh ngerokok.

eh JONK udah selesai niy senam jarinya, hehehehehehe

 
On April 30, 2009 at 4:14 PM , YolizZ said...

Wah,,ternyata jonk ga ngerokok yah?! Bagooeess... ^^

Aku ga suka ama cow yg ngerokok,,apalagi dg org2 yg suka ngerokok di tempat umum,,errgghh...suka bikin emosi jiwa deh..

 
On April 30, 2009 at 5:03 PM , black_id said...

jonk aku jawab pertanyaan keempat aja lah...

alnya udah banyak yang komen...

kalau aku punya pemikiran tambahan ni jonk...bukan pemikiran lain he-he--

kalau diIndonesia dilarang merokok ntar ga ada yang kena serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin..."jiah lengkap amat" ntar dokter2 juga jadi pengangguran donk, alnya ga ada pasien lagi...

 
On April 30, 2009 at 5:56 PM , QEnt-chan said...

eh..eh.. pertanyaan...!
emang rokok enak ya??
apalagi pada ngomongin yang paling enak itu djarum black..*gak niat iklan loh*

pernah coba sekali.... hahhaaaa.... pas smp...
bandel sih,,

 
On April 30, 2009 at 7:04 PM , Kucing Tengil said...

mia juga ga suka ma rokok meoooong >____< HONTOU NI DAIKIRAI

ga nyangka Jonk juga benci rokok hohohoho dapet temen. paling sebel bgt kalo ada yg ngerokok deket mia, pengen mia cakar-cakar aja hiyaaaaaaaaa.... mo bagi2 penyakit tu orang kayaknya T_____________T

thanks award mia di pajang hehehehe eike jadi malu bo'

 
On April 30, 2009 at 9:13 PM , IjoPunkJUtee said...

Prof juga benci ma pabrik rokok perusak generasi bangsa....

Pengen banget aku bakar semua pabrik rokok itu...!!! Tapi pasti aku ditangkap dengan alasan maen hakim sendiri...,melanggar hukum.....

So...., aku bakar satu persatu rokok produksi mereka...biar cepet habis, sambil tak isep dalem-dalem.....Ayo dukung....!!! Semoga sukses misiku ini....

 
On April 30, 2009 at 9:16 PM , suryaden said...

semoga yang tidak merokok tetap sehat selalu ya...

 
On April 30, 2009 at 9:18 PM , anindyarahadi said...

i hate cigarette :s

 
On April 30, 2009 at 11:19 PM , sibaho way said...

say no to semok deh :))

 
On April 30, 2009 at 11:28 PM , Ranie said...

sama ja..ngrokok n ga ngrokok..sama2 bakal mati....

 
On April 30, 2009 at 11:51 PM , monox said...

jonk gwe mo komplain tuch msa karbon monoksida ditulisnya monoxsida emg nya gwe penyakit apa....
yang bener dunk pergunakan lah bahasa yang baik dan benar,,,,
jangan ngerobah kata baku yg dah ada sama yg lain dunk,,,
ntar kmu ada yang marahin lho....
gwe udah nyari dikamus yang nmnya karbon monoxsida tuh g ad adanya juga karbon monoksida,,,
sorry gwe cuma ngelurusin...
biar g terjadi kesalahan dalam pengejaan,,,
peace ah.....

 
On April 30, 2009 at 11:56 PM , MATA HATI said...

rokok... kadang aku btuh bt sponsor euy..hihi

 
On May 1, 2009 at 2:14 AM , anak nelayan said...

yaa.. yaaa.. yaaa.. ada awardnya selamat selamat jonk

 
On May 1, 2009 at 9:16 AM , Atca said...

setuju...merokok memang banyak ruginya..

 
On May 1, 2009 at 9:48 AM , Echi said...

yah ga selalu yg buruk itu bisa dimusnahkan tanpa bekas...

 
On May 1, 2009 at 9:52 AM , Lala said...

Siiiip dah kalo ga hobi ngerokok!!

 
On May 1, 2009 at 10:16 AM , Susy Ella said...

weeiiis jonk kerenn...ga ngerokok...salut....salut..salut...

 
On May 1, 2009 at 11:23 AM , Fata Hanifa said...

kudunya bokap gw baca ini artikel zz hehe bang akirnya lo bs jg membuat artikel yg beguna buat nusa bangsa ! XD salam kangen ipah

 
On May 1, 2009 at 2:50 PM , Linda Belle said...

mahahwhhahahahah......

 
On May 1, 2009 at 2:51 PM , Linda Belle said...

jiaahhhh,.....
jonk mentang2 gw gak bekunjung bbrp hari langsung deh bkn top komeng lagihh!!!

 
On May 1, 2009 at 2:52 PM , Linda Belle said...

untung suamiku gak merokok jonk, tp papa mertua merokoknya kek lokomotif..kadang pgn deh kasitau spy brenti merokok tp takut dipecat jadi mantu hahahahha.........

 
On May 1, 2009 at 2:52 PM , Linda Belle said...

lanjuooooott jon...

gw tetep hrs nyepam biar lo mabok huhuhuhuhu

 
On May 1, 2009 at 3:13 PM , attayaya said...

ehh ehhh ehhh rokok ada matanya

 
On May 1, 2009 at 4:48 PM , joe said...

tapi kalo diroko gak apa-apa to?

 
On May 1, 2009 at 5:01 PM , Sang Cerpenis bercerita said...

maaf baru mampir. tadi keluyuran nih.

 
On May 1, 2009 at 5:28 PM , Ghustie Samosir said...

Trus apa karna merokok susah untuk dihentikan (penggunanya atau produsennya), makanya jadi haram yach sekarang merokok? :-/

Pembahasannya bagus banget sob, salam buat Bang Nawi, minta rokoknya dunk hehehhe

Regards,
Ghustie Samosir
www.hanyainfo.blogspot.com

 
On May 1, 2009 at 6:57 PM , priandhani said...

mau tau tips ngerokok yang gak berbahaya:






jangan dibakar ataw dinyalain or disundut.
dijamin gak membahayakan.
selain tidak berasap juga awet.

 
On May 1, 2009 at 9:52 PM , dwinacute said...

walopun ngerokok di larang tapi kenyataanya kan masih banyak yang ngerokok jonk
keknya ntu semua tergantung orangya deh. kalo bahaya rokok mah semua juga udah tau, tinggal mo tetep ngerokok ato mo ngindarin rokok
malem ini segitu dulu deh keknya

 
On May 1, 2009 at 9:58 PM , reni said...

Rokok bermata dua ? Maksudnya ujungnya dua ? Hehehe....
Aku juga gak suka kalo ada orang ngerokok. Gak tahan ama bau dan asapnya...

 
On May 1, 2009 at 11:45 PM , kak_ega_punya cerita said...

tentang ini pernah ak bahas di blog jonk... intinya ak ga rela ada yang ngerokok di depan ak.. perokok pasif malah lebih bahaya daripada orang yang bener2 ngerokok.. hih nyebelin!!

pernah ni jonk adekku berhenti ngerokok 3 bulan gara2 batuk darah... trus sakit lagi dibawa ke dokter katanya alergi debu... adekku bilang 'bukan rokok dong' ya bukan lah kata dokternya..

gara2 tu dokter si adek jadi ngerokok lagi.. parah... jadi curhat nih hihihihihi

 
On May 1, 2009 at 11:53 PM , Fauzan said...

No Smoking!!
setujuuuuu...
jangan coba2 merokok, apalagi buat anak, jangan coba2.
buat anak kok coba2...

 
On May 2, 2009 at 2:19 AM , ♥ sOFIa ♥ said...

katakan tidak pada rokok!

hehe :)

 
On May 2, 2009 at 3:18 AM , Natalia Sofia said...

hehehehe...susah euy berhenti ngerokok..tapi emang ada benernya siy..ngurangin dulu deh yeeee

 
On May 2, 2009 at 5:07 AM , anna fardiana said...

Jonk mantap tulisannya! Bisa serius jg ni anak tnyata. Btw, bang nawi pelit amat,rokok dikasih kok diminta lagi si?

 
On May 2, 2009 at 8:05 AM , ifoell said...

aku juga termasuk perokok berat nih dan ada keinginan tuk menghilangkan kebiasaan ini sedikit demi sedikit...

aku pernah minta saran ke sobat...
katanya gampang banget...
yang harus dilakukan adalah hilangkan kebiasaan membeli rokok dulu... boleh merokok yang penting mintanya dari orang lain.. gubrakkkkk...!! sialan.. mo taruh dimana muka gue.. xixiixi... ada tips ampuh buat ngilangin merokok ngga..?

ada yg bilang, semua dari niat... ya iya lah.. but yang ngga bisa aku tepiskan adalah lingkungan aku yang rata2 semua perokok berat..

mmmmhh.. siapa tahu ya bisa mengikuti jejaknya sisi baik orang israel....

 
On May 2, 2009 at 8:37 AM , webmaster@afiszone.com said...

aduh ngeri banget tu ... !! gue juga perokok ni, tapi yo mau gimana lagi.

 
On May 2, 2009 at 9:13 AM , Sang Cerpenis bercerita said...

bawain sabun sekarung biar JOnk makin rajin mandi.

 
On May 2, 2009 at 11:21 AM , Ibnu Mas'ud said...

sekarung mah kurang, tapi kalo 10 karung mungkin dah cukup.

Ada award untukmu prend

Award

 
On May 2, 2009 at 11:27 AM , Dinoe said...

Memang susah ya sob..buat ngilangin kebiasan merokok,saya merasakan sendiri mau ngurangi ngerokok aja cukup susah apalagi berhenti total..mgkn udh kebiasaan dan blm ada Peraturan yg keras utk larangannya...

 
On May 2, 2009 at 12:02 PM , ikeys said...

jonk.. g boleh ngerokok jonk.. hahaha

 
On May 2, 2009 at 12:36 PM , QEnt-chan said...

iyaa..iyaa....
gak diulangi kok..
hahhaaaaa......

 
On May 2, 2009 at 12:53 PM , nugraha adi putra said...

merokok memang hanya membawa kemudaratan.. emang mending jangan merokok deh kalo sayang ama kesehatan

 
On May 2, 2009 at 1:21 PM , zujoe said...

JONK koq masih masalah rokok niiihh...

apdeeettt dooonkkkk....

 
On May 2, 2009 at 1:22 PM , zujoe said...

ehhh ane bukan top komengan lagi nih...

 
On May 2, 2009 at 2:51 PM , suzhu said...

stujuuuu...emang ngerugiin banget! rokok juga mengganggu udara..abz dh berpolusi tambah asap rokok jadi lengkap dh penderitaan orang ga ngerokok

 
On May 2, 2009 at 3:08 PM , Ayas Tasli Wiguna said...

Bagus nak kamu tidak merokok bisa2 nanti kamu sakit perut..

ternyata Pak Mul orang palembang y?!

 
On May 2, 2009 at 7:05 PM , Kabasaran Soultan said...

Menurut aku JONK ..emang serba dilematis tapi kalau pandangan pribadiku " perrokok itu lebih bodoh dari seekor belut " dan didalamnya termasuk aku ( he-he-he ).

Begini ulasannya :

Ada satu kebiasaan buruk atau kebodohan luar biasa yang sampai saat ini masih dipertahankan oleh sebagian masyarakat kita termasuk aku , akan halnya aku setidak-tidaknya sudah tiga kali aku mencoba untuk menghilangkan atau menghentikan kebiasaan tersebut namun memang dasar bodoh ujung-ujungnya gagal maning-gagal maning kata teman dari tegal.


Dalam tulisan ini aku ingin memberi tahu anda semua tentang kebodohan tersebut dan ini jelas-jelas kebodohan yang terang benderang tidak perlu diperdebatkan lagi ditinjau dari sudut manapun juga namun sebelum hal tersebut aku ungkapkan, aku mau berbagi cerita lain terlebih dahulu.


Sewaktu aku kecil ketika masih hidup di kampung, ada suatu teknik menangkap belut yang caranya sedikit unik sebab teknik tersebut memungkinkan si penangkap untuk mendapatkan belut dalam keadaan hidup dengan hasil melebihi cara lain yang konvensional seperti memancing.


Teknik menangkap belut dengan cara ini sangat sederhana sekali. Pertama-tama dibuat dulu perangkap yang bahannya dari kulit bambu yang dipotong-potong sepanjang lebih kurang 80 cm, selanjutnya kulit bambu tersebut dirangkai dengan tali dan satu sisi ujungnya di ikat rapat sementara sisi lainnya dibiarkan terbuka dengan diameter 30 cm dan pada sisi ini dibuat pintu menyerupai kerucut yang bahannya juga dari kulit bambu yang disayat lebih tebal dengan ujung kerucut mengarah kebagian dalam sehingga ujung ini akan terlihat seperti pintu yang menyempit . Selanjutnya kedalam perangkap ini dimasukkan daging atau cacing lalu perangkap tersebut dibenamkan di sawah atau di kolam.


Kami biasanya melakukan ini di sore hari dan esok hari pagi-pagi sekali kami tinggal mengangkatnya dan puluhan belut akan terperangkap didalamnya ...lho kok bisa ?. tentu sebagian kita yang pernah tinggal di kampung sudah tahu jawabnya.


Belut-belut itu tertarik dengan umpan daging atau cacing yang berada dalam perangkap tersebut. Mereka mendekat dan mencari jalan untuk mendapatkan umpan-umpan tersebut, lalu mereka masuk ke dalam perangkap melalui pintu yang berbentuk kerucut dan sebesar apapun badan belut secara otomatis pintu tersebut akan membuka namun setelah sampai di dalam perangkap, sangat mustahil bagi belut-belut tersebut untuk mencari jalan keluar. Begitulah bekerjanya perangkap dan telah bergenerasi orang-orang kampung melakukan nya namun tetap saja belut-belut dengan amat mudah dapat diperdaya.


Waktu kecil aku tertawa-tawa melihat tingkah bodoh belut-belut itu karena selalu terpedaya dengan perangkap yang sama , tapi setelah dewasa tanpa sadar sebenamya aku mungkin sedang menertawakan diriku sendiri. Ya, untuk kebodohan luar biasa yang masih kupertahankan sampai saat ini karena ketidakberdayaanku melawannya, mungkin saja anda akan mengatakan bahwa aku lebih bodoh dari belut-belut itu dan jujur memang begitulah adanya.


Sekarang tentu anda bertanya-tanya , apa sih kebiasaan buruk tersebut ?. dan apa pula hubungannya dengan belut ?. Baiklah sebelum dahi anda berkerut, enerji anda terkuras, aku akan katakan bahwa kebiasaan buruk tersebut adalah ” MEROKOK ”. Merokok ?. lho kok bisa lebih bodoh dari belut ?.


Penjelasannya begini, ongkos yang dibayar oleh belut untuk mendapatkan sesuatu yang dianggapnya ”kenikmatan” satu-satunya adalah hidupnya atau nyawanya, begitu masuk perangkap maka selesai sudah kontraknya di dunia ini karena esok hari mungkin ia digoreng, dipepes atau dijual oleh si penangkap. Sementara mari kita lihat, sekurang-kurangnya seorang perokok untuk mendapatkan yang katanya ”kenikmatan” akan membayar ongkos berikut ini :


1. Secara perlahan tapi pasti, ia akan membayar dengan nyawanya dan untuk ini sudah banyak bukti yang kita lihat.
2. Ia juga akan membayar dengan uangnya baik untuk membeli rokok maupun untuk mengobati penyakit yang diakibatkannya.
3. Ia juga akan membayar dengan tersakitinya orang-orang terdekatnya karena dampak dari perilaku buruk ini.
4. Ia akan membayar dengan kemungkinan terganggunya relasi sosialnya dalam komunitas tertentu ( orang yang tidak merokok ).



Sekarang mari kita berkunjung ke sentra-sentra produksi rokok, persis seperti belut dan perangkap bambu, bergenerasi para saudara-saudara kita terjebak dalam pekerjaan yang sama untuk hanya sekadar bertahan hidup dengan menjadi buruh di pabrik-pabrik rokok sementara para cukong pemilik pabrik tersenyum puas melihat bertambah banyaknya akumulasi harta mereka dan berhasilnya mereka memerangkap saudara-saudara kita dalam ”tawaf” hidup tanpa pilihan ( baca : menjadi buruh ), akan halnya si pengusaha rokok, sesekali mereka mempertontonkan apa yang mereka sebut dengan komitmen sosial ; bea siswa, konser musik, penyelenggaraan turnamen ect. Sebandingkah semua itu dengan bencana dahsyat yang mereka tebarkan ?. Tentu akal sehat akan menjawabnya tidak.

 
On May 2, 2009 at 10:19 PM , karila said...

Jonk..tulisanmu selalu sukses bikin aku ketawa trus bengong..hehehe...
Aku pribadi dulu benci para perokok (mencemari lingkungan dan bikin aku sesak napas :p)
tapi setelah tau banyak orang yang mengandalkan kerja di pabrik rokok..ya sutra-lah...
:D

 
On May 2, 2009 at 10:50 PM , G said...

Saluuuut, hahahahahaaa.....

 
On May 3, 2009 at 12:00 AM , eri-communicator said...

jalan-jalan dulu, setelah seharian beraktivitas :)

 
On May 3, 2009 at 12:36 AM , buwel said...

Selamat awardnya ya.....
oiya aku perokok jadi no comment ajah lah daripada di kroyok....hehehehehe

 
On May 3, 2009 at 1:10 AM , keboaja said...

Syukurnya orang-orang disekitarnya udah pada mulai berhenti merokok.

 
On May 3, 2009 at 1:25 AM , Edo dot Com said...

wahhh.. gw ktinggalan..sori jonk..ngomongin apaan sie..oh rokok.. aduwhh gw pingin berhenti nih..gw yakin gw pasti bisa..
selamat deh buat awardnya..

 
On May 3, 2009 at 6:47 AM , Seti@wan Dirgant@Ra said...

Kirain apa rokok bermata dua,....

 
On May 3, 2009 at 1:42 PM , nindy said...

hmmm saya jadi ikut heran apa maksudnya israel ngelarang rokok tapi justru bikin pabrik rokok diluar negaranya...
kok kedengarannya lic*k ya?
(-_____________-)

ini cuma pendapat saya aja lho :)

 
On May 4, 2009 at 7:28 AM , senoaji said...

diusahakan jangan sampe merokok deh, gak sehat lho..

 
On May 5, 2009 at 6:25 PM , senny said...

BERHASIL berhenti merokok...

jauh lebih menyenangkan tanpa rokok tentunya

 
On April 6, 2011 at 8:59 AM , Agus@ kayu jabon said...

mampir nich...
menarik sekali blog anda dan saya menyukainya..
salam....