Tidak ada asap kalau tidak ada api. Tidak ada roti kalau tidak ada tukang roti. Dan selalu ada alasan untuk semua yang akan kamu lakukan.

Kenapa saya makan? Karena saya lapar. Kenapa saya minum? Karena saya haus. Kenapa saya suka kamu? Karena kamu memang benar-benar simple.

Dan kenapa saya harus segera pulang cepat ketika jam kampus telah berakhir? Ada banyak alasan, dan saya akan menunjutkan salah satu alasannya.



Ini bukan siapa-siapa saya kok :D. Namanya Fahmi, dia kelas 3 SD dan sepulang sekolah dia menjadi kondektur Bus Kota. Saya bertemu dengan dia sebanyak 2 kali, dan dia tidak pernah memakai alas kaki.

Kenapa dia menjadi salah satu alasan saya pulang cepat ?

Dia kelas 3 SD, harus merelakan masa-masa bermainya untuk menghirup debu kota, tapi masih bisa saya ajak tertawa bersama.
Dia mungkin tidak punya alas kaki, tapi dia mengalahkan saya dalam bekerja keras.
Jadi, apa lagi yang harus saya jelaskan?


P. S :
Tapi bila ternyata saya harus berlama-lama diluar sana, saya punya beberapa alasan juga :P, (Walupun alasan tersebut kadangkala membuat saya harus kembali merasa kalah oleh anak ini.)
* mungkin sesuatu itu penting sehingga saya harus merelakan waktu saya
kalau tidak,
* mungkin seseorang yang menemani saya itu memang spesial sehingga saya lupa dengan waktu yang saya punya (ya benar sekali. Spesial. Paling tidak pada waktu itu hahahaha).

Comments (51)

On November 23, 2009 at 2:00 AM , Itik Bali said...

Ironis banget ya Jonk..
harusnya mereka bisa menikmati masa kanak yang indah

 
On November 23, 2009 at 7:08 AM , Ivan@mobii said...

Bnyk fahmi2 lainx yg bth perlindungan.. Ohhh

 
On November 23, 2009 at 7:56 AM , hryh77 said...

kasian bgt tuh anak.. waktu belajarnya gimana ya.. masih kecil bgt lagi..

 
On November 23, 2009 at 9:20 AM , yasuyassyash said...

ya ampun... kasian ya..

 
On November 23, 2009 at 9:54 AM , dwina said...

win kemarin jjm (jalan2 minggu) krn gak tau hrus naik bus apa. akhrnya win putuskan naik beca aja. d simpangan trafic light betapa mirisnya hatiku melihat 3 org bocah berumur sekitar 3 tahun tertidur lelap d trotoar jalan.
duh mirisss banget

 
On November 23, 2009 at 10:04 AM , Kabasaran Soultan said...

Salam buat Fahmi yang hebat bro....
Salah satu anak kecil tangguh di negeri aneh ini.

 
On November 23, 2009 at 10:29 AM , mocca_chi said...

nice post jonk, tumben postmu bener :D

 
On November 23, 2009 at 11:55 AM , ●Hartinah● said...

jonk makin lama bahasanya makin canggih dah :)

postingannya mantap!!

 
On November 23, 2009 at 12:28 PM , Quinie said...

ehm ehm.. siapa tuh orang spesial ituuuu... cieeeeeeeeeeeee

 
On November 23, 2009 at 2:31 PM , PRof said...

Tuntutan hidup "memaksa" kita untuk beralasan. Seorang anak kelas 3 SD..., membuatku malu atas apa yang selama ini ku keluhkan.....

 
On November 23, 2009 at 4:12 PM , alfi said...

salut bnget,bru kelas 3 sd dah bisa cri duit...

 
On November 23, 2009 at 5:08 PM , Elsa said...

kadang kala, aku iri sama anak-anak seperti fahmi. waktu seumur itu, aku bisa apa selain bermain dan merepotkan orang tua? sementara dia... sudah harus bekerja.
entahlah, yang seharusnya iri nih siapa.
yang seharusnya tragis nih siapa......

 
On November 23, 2009 at 5:10 PM , Sigit Purwanto said...

maju terus bro..walaupun dunia belum seindah yang kita inginkan..tapi teruslah melangkah tuk mewujudkannya..berjuang untuk hidup..

 
On November 23, 2009 at 7:34 PM , RanggaGoBloG said...

saluuuut saluuuut saluuuut... buat tu anak..... hehehehehe... tapi kemana semua orang2 kaya dinegara ini.... mobil aja banyak dan mewah mewah... tapi kok masi aja ngebiarin anak sekecil itu berkelahi dengan waktu... huahauahauahu

 
On November 23, 2009 at 8:43 PM , Etha said...

kirain itu anak asuh kamu jonk ...

 
On November 23, 2009 at 10:12 PM , -3- said...

wew...tumben nih postingan gak ada tokoh pak mul.. :-D

 
On November 23, 2009 at 10:12 PM , Yolizz said...

salut deh... masih kecil tapi bener2 udah ngerasain 'perjuangan' hidup.. kayaknya aku kalah juga sama dia...


btw,, sapa tuuhhh orang yg spesial.. hmm..hmm.. :p

 
On November 23, 2009 at 10:17 PM , anindyarahadi said...

sosouiiit.. kepedulianmu adalah kepedulian yang manis brotha! mulai ngeblog lagi nih.. kip posting ya

 
On November 23, 2009 at 11:35 PM , Ellious Grinsant said...

Wuakakakak... menyentuh. memang ada beberapa anak hebat yang seperti itu. namun ada sebagian besar yang tidak seperti itu dan jauh lebih buruk dari itu.

ngomong2 tukeran link yuk bro... heheheh...

 
On November 23, 2009 at 11:46 PM , Ivan Kavalera said...

Dia mungkin tidak punya alas kaki, tapi dia bisa mengalahkan kita dalam bekerja keras.

 
On November 24, 2009 at 12:52 AM , Joddie said...

miris memang ketika melihat seperti itu.. semoga matahari mau meneduhkan sinarnya.. bagi mereka.. :).. nice post.. thanks

 
On November 24, 2009 at 10:42 AM , JHONI said...

wuiiiihhhhh.......serius nih kayaknya postingannya!!!! okeh selamat beraktifitas ya jonk!!!!

 
On November 24, 2009 at 10:59 AM , sewa mobil murah said...

salut deh buat fahmi

 
On November 24, 2009 at 4:59 PM , Kang Sugeng said...

Mmmmm.... saya juga pernah Mas Jonk mengalami masa2 seperti itu dan memang rasanya sangat tidak mengenakkan. Ketika semua orang sibuk mengenyangkan perutnya masing2, saya justru bingung membagi hasil mengamen saya. Mana yg buat makan, mana yg buat sewa gitar, mana yg buat bayar 'keamanan'

Makanya pesan saya, jangan anggab Remeh bocah2 semacam dia ini, dia itu 'makan untuk hidup' bukan 'hidup untuk makan' tau kan yg saya maksud??

 
On November 24, 2009 at 7:07 PM , Brainless~ said...

hiks, ga nyangka mas jonk orgnya prhatian bgt ya, jd trharu...

 
On November 26, 2009 at 9:53 AM , tukang komen said...

Salah satu pasal di UUD'45 menyatakan "Fakir miskin dan anak anak terlantar dipelihara oleh negara" namun ternyata suman BullShit semata!!!

 
On November 27, 2009 at 6:40 PM , PRof said...

Semangat....!!!

 
On November 27, 2009 at 9:28 PM , hanum said...

bersahabat dengan mereka pun asik juga loh ternyata, apalagi saling share ilmu. Mereka respone ;)

 
On November 28, 2009 at 9:20 PM , ajeng said...

Kadang ilmu tidak hanya kita peroleh dari sekolah,tapi juga dari hal-hal seperti ini. Pa kabar Jonk?

 
On November 30, 2009 at 7:57 AM , thya said...

satu lagi renungan di kala pagi :)
nice posting jonk ^^

 
On November 30, 2009 at 1:19 PM , yanuar catur rastafara said...

jadi keinget sama lagunya Om iwan, "sore tugu pancoran"
anak sekecil itu berkelahi dengan waktu, demi satu impian yang kerap ganggu tidurmu
anak sekecil itu tak sempat nikmatin waktu, dpaksa pecahkan karang lemah jarimu tergepal..
hem,,

 
On November 30, 2009 at 4:34 PM , Seti@wan Dirgant@Ra said...

teringat sama anaknya atau sama temen spesial yang menemani waktu itu jonk??
sory baru sempat mampir.

 
On November 30, 2009 at 9:03 PM , JoOZ said...

Anak yang hebad... cerita yang bagus....

 
On November 30, 2009 at 9:41 PM , tukang komen said...

Malem jonk....

 
On December 1, 2009 at 12:28 PM , sino said...

salut buat fahmi dan mas jonk

 
On December 1, 2009 at 9:34 PM , Yolizz said...

jonk... daku dateng lagi neehh,, bawain award,, hehe... diambil yah jonk :D

 
On December 2, 2009 at 8:51 AM , namaku wendy said...

cilukbaaa..cilukbaaa..
perkenalkan namaku wendy;)

 
On December 2, 2009 at 6:06 PM , suwung said...

bos maaf bru bisa mampir sekarang bos
lama tak sua kita

 
On December 3, 2009 at 10:47 AM , Ngobrol seputar Bisnis online said...

kasihan ya anak sekecil itu berkelahi dengan waktu, hee iwan fals bang

 
On December 4, 2009 at 10:11 AM , kopi said...

hayoo pada bayar sesuai tarip, jauh dekat 2500 perak...

 
On December 4, 2009 at 8:57 PM , dwina said...

updateeeeeeeeeeeeee

 
On December 5, 2009 at 11:26 AM , vie_three said...

iya kadang kita ngerasa kalah sama anak yang masih kelas 3 SD ntu..... itulah kenapa aq juga suka banget naik bus...... jaaahhh apa hubungannya niy komentku..... ^^

salamin buat fahmi yak.... ^^

 
On December 8, 2009 at 8:39 AM , Fauzan said...

Namaku Fauzan, dan aku sudah berhenti sekolah. (dan sekarang sudah kuliah :P).

Kasian banget ya, nama orangtuanya Jonk? Kamu mau jadi kakak angkatnya ya? sepertinya kalian mirip :P.

salam buat fahmi ya... :D

 
On December 11, 2009 at 5:52 AM , Fata Hanifa said...

waah saya bersyukur kehidupan saya msih lebih baik daripada fahmi :) tapi saya malu saya kalah bekerja keras daripadanya .

salam kangen mas, ipah.

 
On December 11, 2009 at 9:08 PM , rusabawean™ said...

waduh kasian ya Fahmi
titip salam aja yaaa

 
On December 12, 2009 at 8:25 PM , -3- said...

Dah pnah komeng lom yua? *ngecheck

 
On December 12, 2009 at 8:29 PM , -3- said...

Wew...dah pnah tnyata...ya udah deh yang pting mampir... :-)

 
On March 1, 2010 at 6:33 PM , gogogui said...

aduh kasian bgt..... gmn dia mau belajar?

 
On December 17, 2010 at 4:41 PM , rental mobil murah said...

bagus artikelnya

 
On November 5, 2014 at 3:57 PM , Hamada Hamid said...

شركة تنظيف منازل بالرياض
شركة نقل اثاث بالرياض
شركات نقل عفش بالرياض
شركات مكافحة حشرات بالرياض
شركات تنظيف بيوت بالرياض

 
On January 19, 2016 at 3:01 PM , Neng Zia said...

Leider waren zu viel, um eine Live-Verbindung zu speichern, wir als Droge Verkäufer sagen, ich danke Ihnen sehr für die Informationen oder Nachrichten, ist es sinnvoll sein, überhaupt für uns, und grüßen immer gesund.
OBAT HERBAL GERD

OBAT ITP

GASTRIC HEALTH TABLET

SUPLEMEN MATA GLUKOMA

VITAMIN MATA MINUS

OBAT CAPSULE MATA KATARAK

OBAT HERBAL ENTROPION